Ritual Kejawen / Pesugihan Di Jawa



Selamat datang,
Ini adalah blog khusus bagi para peminat dunia supernatural,bukan  blog Agama atau pengajaran Moral . Apabila berkenan teruskan,apabila tidak mohon segera tinggalkan blog ini

pesugihan java
Di Indonesia khususnya Pulau Jawa ada kebudayaan asli yang hampir punah yaitu ritual mistik . Dahulu Ritual Mistik digunakan untuk berkomunikasi dengan Roh- roh leluhur untuk digunakan  membantu hajat seseorang mencapai apa yang diinginkan . Karena teknologi saat itu belum mampu,maka para nenek moyang kita menggunakannya dengan cara ritual mistik, misalnya agar perjalanan ratusan kilometer bisa ditempuh dengan cepat, agar bisa berjalan diatas air, agar dalam mengerjakan sawah ladangnya tidak perlu menggunakan tenaga kerja yang banyak, tetapi bisa selesai dalam tempo singkat, agar bisa menghilang dari pandangan mata, agar bisa terbang,  agar bisa kaya, etc . Semuanya ditempuh dengan cara ritual mistik
Sayang seribu sayang,warisan ini sudah hampir punah, karena hampir semua juru kunci dari makam keramat maupun pewaris ilmu ilmu tersebut adalah generasi kesekian,sehingga ilmu –ilmu warisan leluhur yang luar biasa tersebut sudah jauh dari ritual aslinya, generasi juru kunci sekarang sebagian besar hanya mengantarkan tamu yang berziarah dan mendoakan saja, ritual dijalankan seadanya .

Karena memang juru kunci yang asli yang terakhir, kebanyakan lahir di jaman Proklamator Indonesia, Ir. Sukarno, yaitu awal abad 20 .Yang penulis temui ada 2 yang baru meninggal belum setahun yang lalu, mereka sudah sangat tua . Kebanyakan sudah meninggal di era 80-90 an, sewaktu penulis masih bersekolah.
Sebelum meninggal penulis berkesempatan untuk mencatat tata cara ritual yang sudah terbukti bisa menghubungkan dunia manusia dengan dunia gaib, dan tentu saja, pengalaman – pengalaman para peminat ritual yang sudah pernah melakukannya, semuanya penulis catat, sebagai dokumen pribadi.

Memang kita harus maklum, karena warisan mistik ritual dianggap sudah tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia, khususnya masyarakat Jawa sekarang. Karena untuk sekarang ini di Pulau Jawa, ada orang mengadakan  ritual,  sudah dianggap menyimpang dari adat masyarakat. Oleh sebab itu ritual mistik dikatakan hampir punah.
Oleh sebab itu, penulis ingin sedikit merangkum, apa yang telah diajarkan para nenek moyang kita, untuk dibagikan kepada para peminat alam gaib, untuk ikut merasakan bagaimana rasanya ritual mistik itu. Ada beberapa pilihan tempat untuk melakukan ritual mistik ini. Ritual mistik ini disajikan dalam bentuk tour,jadi peminat yang ikut akan dipandu dan ditemani selama melakukan ritual.

Mungkin para pembaca sekalian ada yang bertanya, apa kelebihannya? Saya sendiri bisa langsung ke tempat keramat nya/juru kunci nya,toh penulis bukan juru kunci atau pun paranormal, apa kelebihannya?

Itu pertanyaan yang bagus.
Memang anda bisa sendiri langsung kesana, cuma setahu penulis,  juru kunci disana hanya sekedar mengantarkan,memperkenalkan…ya itu saja. 
Minta apalagi?…kapan bertemu dengan gaib nya ?
Ya kapan- kapan….Karena anda diperlakukan seperti peminat  biasa. 

Setelah membayar sesaji, anda diantar ke tempat tersebut ya sudah..langsung ketemu yang gaib?..hampir 1000:1 yang ditemui.
Kenapa? Karena kebanyakan juru kunci sekarang adalah juru kunci penerus yang tidak tahu tata ritual yang asli. Karena penulis sudah menjelajahi banyak tempat keramat, kebanyakan anda membayar biaya sesaji ,diantar ke tempat keramat,didoakan, kemudian anda ditinggal…terserah mau apa..tidur boleh . melek boleh…apa saja boleh….hasilnya…terserah anda..syukur ditemui, bila tidak? ya..bukan rejeki anda.

penulis bukan seorang paranormal, dukun maupun ahli gaib, penulis hanya merangkum setiap kejadian dan menuliskannya untuk para peminat supernatural. Mohon maaf apabila tidak sesuai dengan format yang ada di pikiran pembaca, karena tidak sesuai dengan yang biasanya kita baca di majalah atau di website lain.

Juga bukan maksud penulis untuk mengajak anda untuk menyimpang dari ajaran anda,toh anda sudah dewasa, sudah bisa memilih yang sesuai atau tidak.
Tujuan Blog ini adalah memperkenalkan kepada dunia, bahwa Indonesia pun kaya akan hal – hal mistik . Dan betul – betul ada, bukan sekedar tipuan atau hanya cari sensasi. Ada warisan budaya yang harus dilestarikan, toh dunia gaib tidak hanya milik Indonesia,semua belahan dunia memiliki warisan budaya sendiri. Kenapa kita orang Indonesia tidak melestarikannya?
Mungkin ada sebagian pembaca yang langsung berasumsi  ini adalah berhubungan dengan setan/kuasa gelap dsb
Sebenarnya tidak demikian kalau sudah mengetahui yang sebenarnya,toh apabila dinyatakan sesat/setan, kenapa harus melalui doa dan meditasi sewaktu ritual?

Tetapi itu akan menimbulkan debat yang berkepanjangan,jadi apabila suka silakan baca apabila tidak, mohon maaf,lebih baik anda tinggalkan blog ini, agar hati anda tenang , toh masih banyak website lain yang menarik.

Tujuan penulis agar dunia mengetahui,bahwa warisan budaya ini tidaklah seburuk yang disangkakan, justru akan bersikap sebaliknya bila mengetahui dan mendalaminya. Contohnya orang Bali, mereka sudah biasa dengan fenomena gaib dan sesaji,karena merupakan bentuk keserasian kita terhadap alam semesta, yang tidak hanya kita saja yang menghuni bumi ini. Seperti itulah maksud dan tujuan penulis. 

Penulis ingin meluruskan bahwa ritual itu bukan memuja setan dsb, ritual adalah laku prihatin,nenek moyang kita ingin mengajarkan yaitu, apapun yang anda cita citakan asal kita bersungguh sungguh pasti bisa kita dapatkan. Tentu dengan jalan berdoa sungguh sungguh,tekun dan dengan kerendahan  hati kita. Karena ritual adalah suatu sikap yang serius,tekun, sabar dan niat yang tulus yang disertai kerendahan hati. Dengan begitu bahwa kita  serasi dengan Tuhan pencipta,leluhur dan dengan alam. karena semua adalah Satu

Cerita/pengalaman  yang kami berikan,berasal dari pengalaman pribadi penulis yang sejak muda dahulu menemani orang beritual yang penulis catat dari penuturan para juru kunci terakhir.  Sayangnya sebagian besar sudah meninggal dunia,karena kebanyakan berumur sama dengan  Proklamator kita,yang lahir di awal abad 20.
Yang pengasuh herankan,mereka kebanyakan berusia sangat lanjut, dan yang lebih mengherankan lagi, sewaktu meninggal, meninggalnya dengan tenang, dikelilingi semua anak cucunya atau murid –murid /pengagumnya.
Dan yang lebih mengherankan lagi,sebelum meninggal rata – rata berwasiat dahulu,kapan mau mati,dan memberi pesan – pesan terakhir.  Saya pikir, lho kok…katanya juru kunci pesugihan/ dukun sesat,kok meninggalnya malah lebih dari orang biasa? Mereka kebanyakan sebelumnya berwasiat bahwa tugasnya akan berakhir, sebentar lagi akan melanjutkan perjalanan ke alam lain…kemudian menghembuskan nafas terakhir,juga dengan cara yang sangat indah…Ini pengasuh lihat sendiri dari  beberapa juru kunci yang pengasuh kenal….

Keterangan :
1.Hal pertama yang sering menjadi pertanyaan peserta adalah,pakai pengorbanan/tumbal tidak sebagai ganti kekayaan?
=  Jawabannya adalah ,gaib tidak membutuhkan apa apa dari anda !! Karena anda datang  dengan kemauan sendiri dan datang dengan sopan membawa makanan berupa sesaji,maka sebagai tuan rumah yang baik pasti akan berusaha menemui anda .
Bisanya anda tidak ditemui karena lihat sebab – sebab kegagalan.(member only)
Jiakalau memang ada pengorbanan/tumbalnya pun itu karena keserakahan dan kemauan manusia itu sendiri!!!
Karena ada manusia yang menginginkan harta instant dalam jumlah banyak,maka gaib pun sebagai tuan rumah yang baik akan menanyakan, apa sebagai timbal baliknya? 
ibaratnya anda berkunjung, tapi nanti mau  minta uang dalam jumlah besar,tentu tuan rumah yang tidak ingin mengecewakan tamunya akan menuruti ,tentu saja minta jaminan! 
kenal saja tidak!

Oleh sebab itu apabila tidak ingin ada pengorbanan/tumbal, berkunjunglah secara wajar,tentu saja karena anda berkunjung dengan wajar,sebagai tuan rumah yang baik tentu akan memberi  balasan yang baik,mungkin dibantu  agar rejeki lancar,naik pangkat,terkabul keinginannya dsb.

Jadi saya ulangi lagi :Sebab –sebab ada pengorbanan/Tumbal karena keserakahan dan kemauan manusia itu sendiri!!! Tentu saja ritual dimanapun sebenarnya tidak ada yang pakai pengorbanan /tumbal kalau tidak minta berlebihan.

Jadi intinya seperti itu.
Anda memberi kebaikan kepada sesama ,maka anda dibalas kebaikan juga yang lebih lagi.
Oleh siapa? Tentu saja oleh Tuhan YME,karena semua itu juga leluhur anda,bukankah disana anda juga berdoa?

2.Ritual tidak sama dengan wisata 
Karena memang sudah berniat ritual, sebelum anda datang ada tata caranya hingga selesai nanti. Tidak hanya berziarah ke tempat  keramat, kemudian pulang bawa sejumlah uang. Tidak seperti itu.
Janganlah manja,ini bukan berwisata,jadi apabila menemui  tempat dan keadaan yang sepi, seadanya, tidak terang benderang,anda harus menerimanya. Bukankah ritual adalah sikap prihatin/memohon dengan kerendahan hati ?

3.Apabila ikut ritual apa betul ketika pulang orang yang kita sayangi akan meninggal tidak wajar?
= Tidak seperti itu. Itu hanya cerita di majalah atau sinetron.

Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya pengunjung sebaiknya melihat semua isi blog ini,agar lebih jelas dan mengerti,agar tidak menyimpang dari tujuan blog ini. Karena sesuatu yang bernilai pasti ada harganya. Penulis tidak ingin,sudah gratis malah diperdebatkan, dan akhirnya menimbulkan pro kontra debat yang tidak berkesudahan.
Demikian yang dapat pengasuh sampaikan.Selamat menjelajah wahana ritual mistik Jawa

Salam Ritual


2 komentar:

  1. Kalau mau ritual cuma niat mau uji nyali (supaya terbiasa dengan hal yg ghaib) dengan guide mas wowo biayanya berapa?

    BalasHapus
  2. Mas Wowo, adakah ritual cucuran darah ( klo di bali 'tabuh rah' / tajen...klo di toraja,,nyambleh kebo) di kejawen, klo di bali brem/ sajeng di pakai ganti darah. Roh bawah suka darah katanya. Salam mistik, londo kejawen

    BalasHapus